Minggu, 21 November 2010

DAMPAK POSITIV DAN NEGATIV TEKNOLOGI

Dampak Positiv
     Dengan adanya teknologi komunikasi dikehidupann kita jarak dan waktu tidak bisa lagi menjadi alasan kalu komunikasi akan tertunda dan terbatas. Karena perkembangan yang begitu pesat, mengingat bahwa informasi yang dihasilkan dari sebuah komunikasi, adalahbarangkomoditas yang penting dan berharga, hal ini tentu merupakan hal yang positif.

Misalkan selama ini kita memperoleh berbagai macam informasi dan hiburan dari media tradisional/ konvensional seperti televisi, radio, majalah, koran,dsb. Sesuai dengan karakteristik berbagai media tadi yang sifatnya massa, kita menjadi tahu asal atau sumber dari mana informasi itu muncul.

Kemajuan teknologi yang lain yang turut memberi sumbangan besar bagi yang turut memberi sumbangan besar bagi perkembangan teknologi komunikasi. Juga berkembangnya budaya konsumtif, perubahan etika, moral, sikap mental, banjirnya informasi, dan potensi untuk pendidikan seperti, perluasan kesempatan belajar, merangsang proses berpikir, tumbuhnya profesi baru, pendayagunaan aneka sumber, memperpendek jarak dan waktu, dan juga meluasnya partisipasi masyarakat. Maka dari itu pengembangan dan perbaikan dari teknologi pada industri komunikasi yang ada terus dilakukan.

Dampak Negativ

Di sisi lain TEKNOLOGI keberadaannya dikhawatirkan mengancam keberadaan manusia sendiri, pencipta dan pengembangnya. Hal ini dikarenakan oleh pemikiran bahwa dengan adanya teknologi komunikasi maka kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia digantikan oleh mesin sebagai hasil perkembangan teknologi yang ada.

    Perubahan ini kemudian mau tak mau menimbulkan kebudayaan baru dan implikasi yang cukup mengkhawatirkan. Dengan akses yang luas, peredaran informasi yang ada di dalamnya menjadi sulit pengawasan dan kontrol akan konten informasi yang terkandung di dalamnya. Hal ini kemudian menyinggung aspek sosial seperti munculnya masalah mengenai privasi, pelanggaran hak kekayaan intelektual/hak cipta, penyebaran virus computer, pornografi, perjudian dan penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar